Pertanda Ilmu - Day 5

Mahmud berperawakan sedang. Gamis putih selalu menjadi ciri khasnya. Guratan dahinya begitu jelas terlihat. Ia adalah sang pengembara ilmu. Berbagai kota telah ia singgahi. Badai pasir pun telah biasa ia taklukkan.

Tak jarang ia harus berjalan dari satu tempat ke tempat lain selama sebulan penuh. Walaupun ia hanya belajar ilmu dari gurunya selama sehari saja. Namun yang membuat ia semakin merunduk bukanlah ilmu yang secara langsung diajarkan gurunya. Perjalananlah yang membuat ia semakin merunduk akan banyaknya ilmu.

Setiap perjalanan ia selalu memperhatikan sekitarnya terutama tentang penciptaan langit dan bumi. Ada banyak tanda-tanda di alam bagi yang mau memikirkannya. Ilmu yang diketahui Mahmud tidak hanya diajarkan melalui guru namun alam bisa mengajarkan pula bila mau memikirkannya.

Sebut saja penciptaan langit yang membentang luas. Setiap kala langit melakukan pergantian siang dan malam. Langit siang oleh terik matahari kemudian langit malam oleh gemerlap bintang dan bulan. Akan tetapi mengapa langit selalu melakukan pergantian siang dan malam. Siang digunakan untuk bekerja kemudian malam untuk beristirahat. Semuanya pasti telah diatur untuk keharmonisan segala hal.

Setiap segala sesuatu pasti ada yang dapat dipelajari. Ilmu bisa datang dari sebuah batu tentang sifat ketegarannya atau bisa datang dari angin tentang kelembutannya. Ilmu bisa datang dari apa saja asal mau memikirkannya. Itulah pertanda yang diciptakan untuk dipelajari.

#BerkahRamadhan1437H
#Day5
Jumat, 10 Juni 2016

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu