Tulusnya Hati - Day 19


Anak-anak itu unik. Saya baru menyadarinya meskipun sudah jauh masanya. Mereka mungkin terlihat hiperaktif dan banyak tingkah sehingga terkadang membuat orang dewasa kewalahan dengan perilakunya. Namun jangan sampai menganggap bahwa mereka nakal. Begitulah cara mereka mengekspresikan dirinya.

Berbeda dengan kebanyakan orang dewasa, anak-anak cenderung lebih suka bergerak, bermain, berkompetisi dalam tim serta mengerjakan sesuatu secara langsung. Sehingga perlu sekali memahami kebutuhan anak-anak. Serta dalam mendidik anak-anak juga perlu mempertimbangkan kecenderungan mereka misalnya anak-anak lebih mudah diajari dengan praktik langsung, meniru apa yang dikerjakan orang lain.

Bila anak-anak suka berulah dan tidak bisa diam sebisa mungkin menghindari hukuman sebab akan berpengaruh pada psikologi ke depan. Pada akhirnya akan merusak perkembangan mental mereka. Cara yang terbaik adalah mencontohkan perbuatan yang benar.

Cukup senang saya bertemu dan saling berbagi kepada anak-anak. Dunia anak-anak memang berbeda dengan saya. Namun di balik itu, mereka telah mengajarkan saya tentang ketulusan hati dalam perbuatan.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Day19

Comments

Popular Posts

Sikap Seorang Pemimpin

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Semangat Kerja Keras