Berbagi Semangat Inspirasi


Rasanya kurang lengkap bila bulan Ramadhan belum diisi dengan kata berbagi, baik itu makanan, minuman, ataupun pakaian. Berbagi ialah memberikan apa yang kita miliki untuk orang lain dengan tanpa pengharapan. Namun apakah berbagi sekadar memberikan barang yang berwujud? Tentu tidak, berbagi bisa dari rasa senang, ilmu atau pengalaman yang kita miliki. Seperti halnya yang saya lakukan pada Ramadhan tahun ini yakni berbagi semangat inspirasi.

Berbekal pengalaman pada tahun sebelumnya, ketika saya mencoba menantang diri sendiri untuk menulis setiap hari selama bulan Ramadhan. Alhasil, tidak disangka saya berhasil mencapainya. Lalu pada tahun ini saya dan beberapa teman menggagas sebuah sayembara menulis selama bulan Ramadhan bernama Challenge Menulis #RamadhanInspiratif. Intinya kami ingin menebar semangat menulis kepada siapapun yang ingin bisa menulis.

Selama keberjalanan sayembara ini, pertama kami meminta komitmen 10, 20 atau 30 hari menulis selama bulan Ramadhan kepada para penantang. Selanjutnya bila mereka berhasil mencapainya akan mendapat sertifikat serta terkhusus tulisan terinspiratif akan dibukukan. Selain itu terdapat kelas menulis online serta monitoring tulisan setiap harinya oleh fasilitator.

Alhamdulilah respon dari para penantang cukup bagus. Kurang lebih sepertiga dari jumlah total para penantang telah berhasil mencapai komitmennya. Kini saya yakin bahwa berbagi itu bisa dari apapun yang kita miliki.

Berbagi itu tanpa batas bahkan bisa dari hal-hal yang kecil seperti berbagi senyuman, kesenangan, ataupun gagasan. Jangan batasi diri pada berbagi hal-hal yang besar. Namun bisa mulai melangkah dari hal-hal yang kecil. Selama jiwa masih tersemat dalam raga, berbagi bisa dari apa saja termasuk melalui tulisan saja.

Selamat menulis dan semangat berbagi inspirasi, karena inspirasi itu datang dari siapa saja.

#CeritaRamadhanku
#DiaAkanKembaliLagi
#TehSalmanManis

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu