Peluang Investasi Saham untuk Kawula Muda



Baru beberapa hari yang lalu IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) Indonesia mencetak rekor barunya di angka 6000 ke atas. Bila diperhatikan performanya selama 5 tahun ke belakang, IHSG meningkat sebesar 50 persen artinya secara kasar setiap tahun performa bursa saham Indonesia meningkat sebesar 10 persen. Pasar modal sungguh potensial  menjadi pilihan berinvestasi.

Potensi pasar modal di Indonesia nyatanya belum dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat luas. Sampai bulan September 2017 jumlah pemegang SID (Single Investor Identification) baru sekitar 600 ribu investor. Jumlah ini sangat sedikit bila dibandingkan dengan 250 juta penduduk Indonesia. Rendahnya investor dari kalangan masyarakat umum disebabkan pemahaman (literasi) masyarakat Indonesia terhadap pasar modal yang masih sangat kurang baik, hanya sekitar 3 persen bila dibandingkan dengan industri jasa keuangan lainnya seperti bank, asuransi dan lain-lain. Akibatnya masyarakat awam cenderung masih ragu-ragu terhadap kepercayaan berinvestasi di bursa saham.

Berinvestasi saham merupakan pilihan yang tepat bila dilakukan dengan cara yang tepat untuk sekadar menjaga nilai uang kita dari pengaruh inflasi atau ingin mendapatkan return yang positif dari hasil investasi saham. Perlu diketahui bahwa rata-rata inflasi Indonesia sejak 2016 sekitar 5 persen, artinya setiap tahunnya uang yang disimpan akan mengalami penurunan nilai sebesar 5 persen. Beda halnya bila kita berinvestasi melalui saham, menurut data dari Divisi Riset BEI, per 30 Desember 2016 rata-rata return pada bursa saham sebesar 17.52 persen artinya uang yang diinvestasikan di bursa saham tidak akan tergerus inflasi, namun justru akan bertambah.

Berinvesatasi di bursa saham pun juga ada ilmunya agar tak salah dalam memulai dan memilih saham. Menurut seorang investor terkemuka di dunia yakni Bejamin Graham dalam bukunya bertajuk The Intelligent Investor berinvestasi saham tidak melulu soal kedalaman ilmu tentang finansial namun seorang awam pun juga bisa, asal tahu dasar-dasar dalam berinvestasi. Bahkan dalam berinvestasi saham sebesar 80 persen keputusan lebih dipengaruhi kondisi emosional dibandingkan pengetahuan tentang keuangan  sendiri.


Potensi-potensi bursa saham tersebut menjadi peluang emas bagi anak-anak muda. Sebab semakin dini investasi dilakukan maka semakin besar pula return yang didapatkan. Berinvestasi saham sangatlah mudah, hanya bermodal 100 ribu maka sudah dapat diinvestasikan. Nah tunggu apa lagi, cobalah berinvestasi saham karena dengan mencoba maka akan lebih paham.

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu