Mencari Peluang Dibalik Tantangan



Pada realitas hidup ini kita selalu dihadapkan oleh berbagai macam pilihan. Setiap orang wajarnya menginginkan kehidupan yang bahagia serta nyaman namun terkadang apa yang dibayangkan justru tak selalu berjalan mulus.

Di setiap pilihan selalu tantangan masing-masing. Akan tetapi, tak sedikit orang salah mempersepsikan masalah menjadi sebuah beban atau sebuah tantangan. Misalnya ada orang telah memilih menjadi bagian dari sebuah komunitas. Setelah sekian lama akhirnya ia menyadari bahwa komunitas yang ia sedang jalani memiliki ketidakjelasan sistem sehingga membuat dirinya tidak nyaman. Ada dua persepsi dari dua kasus ini. Pertama, presepsi melihat masalah menjadi sebuah beban sehingga orang tersebut memilih meninggalkannya. Kedua, melihat masalah menjadi sebuah tantangan, ia akan lebih berani mendobrak serta menanamkan nilai-nilai sehingga menjadi sebuah peluang mengembangkan diri.

Di era informasi yang serba cepat ini, kita selalu dihadapkan oleh berbagai tantangan-tantangan yang bisa menjadi sebuah peluang yang besar. Tetapi, tak jarang orang-orang yang bisa melihat tantangan menjadi sebuah peluang. Kekayaan wawasan serta ilmu pengetahuan sangat diperlukan untuk melihat segala sesuatu secara holistik.

Untuk itulah, setiap orang adalah unik. Kita tidak bisa dibatasi oleh sistem pendidikan saat ini. Kita harus menuntut diri kita, mencari wawasan yang lebih dalam dari lingkungan sekitar ataupun buku-buku yang beragam.

"Don't try to be the best but be the first to take the challenge" - Jack Ma

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa