ODOJ : One Day One Juz


Dalam sehari sudah berapa banyakkah halaman Al Quran yang kalian baca? Jika jawabanmu belum sampai satu juz, mari simak topik pembahasan kali ini!.
Mengapa orang-orang begitu sulit membaca satu juz dalam sehari? Mungkin jawabannya karena sibuklah, tidak ada waktu luang lah. Namun yang salah dengan orang-orang itu adalah diri mereka sendiri, bagaimana cara mereka memanajemen waktu dengan baik. Bukankah kita dianugerahi waktu yang sama yakni 24 jam.

Tidakkah sulit bagi kalian meluangkan waktu cukup hanya 30 hingga 45 menit untuk membaca Al Quran. Coba luangkan waktu 8 menit saja setiap kali setelah maupun sebelum sholat lima waktu, itupun sudah lebih dari cukup untuk mengkhatamkan satu juz.

Ada berjuta makna dibalik membaca Al Quran yang mungkin tidak kita tahu. Apalagi disaat kalian rutin membaca satu juz saja dan berulang-ulang, mungkin secara tidak langsung kalian akan hafal dengan ayat yang rutin kalian baca atau paling tidak, mengenali ayatnya. Mungkin bagi kalian ada yang susah menghafal Al Quran, namun jika secara rutin dibaca akan hafal dengan sendirinya. Memang ini membutuhkan ketekunan dan komitmen yang kuat, namun secara tidak langsung juga akan melatih manajemen waktu kalian kapan mencuri-curi waktu untuk menyelesaikan satu juz. Jika kalian memang sudah rutin, kalian pasti menemukan kepuasan tersendiri disaat telah menyelesaikan satu juz dan dampaknya hati kalian akan merasa gundah jika belum menyelesaikan satu juz.

Selain itu ada manfaat lebih besar lagi yakni menabung amal untuk bekal di akhirat, perlu kalian tahu bahwa satu huruf di Al Quran saja minimal bernilai sepuluh kebaikan jika membacanya. Allah memang memberikan kesempatan banyak sekali untuk menimba pahala namun kita juga rentan sekali berbuat maksiat. Pikirkanlah hal-hal yang mengerikan yang akan kalian terima nanti setelah mati, misalnya tidakkah kalian takut dengan siksaan kubur yang dahsyat atau neraka yang panasnya melebihi panas yang ada di bumi.

Sementara teman-teman kalian asyik dengan kehidupan dunianya coba luangkan waktu untuk membaca Al Quran minimal satu juz saja. Biarkanlah mereka bersenang-senag namun kalian menimba pahala agar mendapat kehidupan akhirat yang lebih baik.


Bagaimana? Alasan apa lagi yang akan kalian gunakan hanya karena susah menyelesaikan satu juz sehari. 

-Ala Tahu

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa