Indonesia 2060 - Day 28

Ini adalah angan-angan saya untuk Indonesia 2060.
Tahun 2060 produk teknologi Indonesia mudah ditemui di pasaran kemudian akan menggungguli produk-produk asing lainya. Kelak Indonesia akan bangkit dari konsumen menjadi produsen teknologi di sebagian besar sektor. Sektor transportasi, komunikasi, pertanian, pembangkit listrik, kesehatan, dan kelautan.

Sektor transportasi, bumi pertiwi diunggulkan dengan perairannya yang sangat luas. Transportasi air menjadi keunggulannya untuk menghubungkan antar pulau-pulau. Kelak akan tercipta sistem transportasi bawah air super cepat.

Sektor komunikasi, teknologi komunikasi dan informasi sudah bergerak menjadi kebutuhan primer. Begitu pula teknologi komunikasi di Indonesia akan berkembang pesat. Semua daerah telah terhubung oleh jaringan komunikasi. Begitu juga dengan informasi, masyarakat bebas mengakses segala informasi tentang pelayanan kesehatan, pangan, dan mata pencahariaan dengan pelayanan terdekat.

Sektor pertanian, negara agraris tak bisa terlepaskan dari Indonesia bahkan telah menjadi ciri mutlaknya. Indonesia 2060 akan menjadi negara pengekspor bahan pangan pokok. Kualitas bibit yang unggul disertai sistem teknologi pertanian yang berkembang pesat menyesuaikan kondisi daerah.

Pembangkit listrik, sistem konvensional telah tergantikan oleh sistem pembangkit listrik terbarukan. Indonesia memiliki gejala alam yang banyak sekali hampir di setiap daerah. Selain mengandalkan pembangkit listrik dari gelaja-gejala alam juga terdapat pembangkit listrik mandiri di masing-masing rumah.

Kesehatan, masalah kesehatan bukan lagi masalah besar. Setiap orang akan mengetahui keadaan tubuhnya sebelum penyakit muncul melalui kebiasaannya sehari-hari. Sehingga pencegahan penyakit dapat dilakukan sebelum penyakit tersebut muncul.

Kelautan, sebagai negara dengan mayoritas terdiri dari sektor perairan tentunya akan menjadi kelebihan tersendiri bagi Indonesia. Indonesia akan menjadi penghasil produk perikanan terbesar berkat bantuan teknologi. Mampu menangkap ikan secara besar-besaran dengan cara mengendalikan ikan tersebut tanpa merusak lingkungan.

Namun, yang menjadi fokus saya adalah masyarakat Indonesia 2060 cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi. Teknologi ibarat pedang bermata dua bisa dimanfaatkan atau malah balik menyerang. Teknologi untuk mendukung produktivitas manusia walau dalam waktu sempit. Bijak dalam menggunakan teknologi adalah syarat mutlak agar berbagai sektor dapat dikuasai.

#BerkahRamadhan1437H
#Day28
Ahad, 3 Juli 2016

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa