Mengapa Harus Menulis???


(19/03) Inspirasi bisa datang kapan saja termasuk pagi ini. Bersama Bang Adlil Umarat dalam diskusi "Wanna Be Writers", insight baru hadir menyelimuti indahnya pagi tadi.
"Jika kamu ingin mengenal dunia membacalah dan jika kamu ingin dikenal dunia menulislah" - anonim

Pokok bahasan ini bermula bahwa menulis adalah skill bukan bakat yang dibawa sejak lahir. Siapapun bisa menjadi penulis tak terkecuali kamu.

Dalam era serba cepat dan penuh informasi ini, menulis adalah senjata utama. Dengan menulis akan membangun branding dirimu tentang siapa kamu, seberapa besar pikiranmu, dan apa keahlianmu. Orang-orang menjadi mudah tahu seberapa besar nilai yang kamu tawarkan ke dunia ini hanya melalui tulisan. Dengan begitu, menulis dapat menjadi pencitraan positif dan memperlihatkan passion-mu.

Hanya dengan menulis secara rutin, mampu membangun pola pikir yang cepat. Tanggap cepat terhadap berbagai kondisi, kritisi setiap situasi.

Ide dalam menulis dapat ditemukan dimana saja, cukup ikuti Rumus "3AT" berikut
1. lihAT, matamu adalah kameramu. Jangan lewatkan setiap momen dalam sekedip matamu. Ada banyak pola dan ide yang dapat kamu temui di sekitarmu kemudian pertajam matamu.
2. catAT, penulis adalah "Mak Comblang". Kamu punya duniamu sendiri dan kamu berhak menentukan jalan ceritamu. Catat setiap momen yang tertangkap inderamu. Barangkali akan menjadi sesuatu yang berharga nanti.
3. tamAT, kamu yang memulai dan kamu yang mengakhiri. Menulis melatih tanggung jawab, disiplin, konsistensi, serta presistensi karena menulis adalah proses pembelajaran tanpa henti.

Satu catatan penting dalam meningkatkan nilai tulisan. Pertama adalah keunikan seolah tulisanmu memiliki sudut pandang baru yang jarang terpikirkan. Kedua, manfaatkan momen hari-hari spesial dan peristiwa spesial.

Menulislah maka engkau akan abadi.

#WannaBeWriters
#RumahKepemimpinan
#19032017

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa