Generasi Muda Untuk Indonesia


Indonesia dikenal negeri yang sangat subur. Letaknya yang strategis disepanjang khatulistiwa membuat Indonesia ‘diuntungkan’ memiliki energi panas bumi (geothermal), energi angin dan energi panas surya yang luar biasa. Selain itu Indonesia juga diperkaya oleh cadangan gas alam dan minyak bumi hingga bermilyar barel.

Kondisi ini membuat Indonesia berpotensi menjadi negara yang besar dengan segala yang dimilikinya. Indonesia akan mampu meraih kejayaan di masa lalu sebagai macan asia di kala itu. Namun dalam dekade-dekade terakhir ini Indonesia malah terpuruk, korupsi merajalela dan kemiskinan dimana-mana. Dan yang memprihatinkan Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia malah dikeruk oleh bangsa asing, sebagian besar perminyakkan dikuasai bangsa asing. Ini tidak lain Indonesia masih mencari Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang mampu memupuk Indonesia.

Namun, dalam kenyataannya Indonesia memiliki segudang prestasi anak negeri dalam ajang kompetisi internasional seperti IPho, IBO, IMO, IChO, dan sebagainya. Ini membuktikan bahwa SDM Indonesia sebenarnya berkualitas. Bukan hanya itu pelajar-pelajar dari Indonesia banyak menimba ilmu di luar negeri dari mulai jenjang S1, S2, dan S3. Ini menjadikan Indonesia berpotensi menjadi negara yang maju dengan banyaknya SDM berkualitas. Tetapi pada kenyataannya, mengapa Indonesia sekarang masih terlena dalam kemiskinannya? Jawabannya adalah pada generasi muda.

Dengan penduduk yang sangat banyak, Indonesia diuntungkan dengan energi-energi muda yang memiliki sifat tangguh dan enerjik. Para generasi muda diharapkan mampu memperbaiki bangsa sendiri dan menyongsong ke era baru. Satu-satunya harapan bangsa adalah generasi muda, namun apa jadinya bila dilihat secara kasat mata sekarang ada generasi muda malah ‘berfoya-foya’ dengan dunia. Moral sebagian generasi muda semakin merosok.

Tetapi untungnya Indonesia masih punya generasi muda yang tangguh dan bersemangat tinggi. Inilah yang disebut generasi muda yang diharapkan bangsa. Semangat mereka berkobar dan dengan bangga berseru dalam hati, “Indonesia ….lihatlah aku…kelak kita akan berjaya”. Dengan potensi SDA yang melimpah dan generasi muda yang tangguh kelak Indonesia diharapkan menjadi negara yang unggul.

Potensi cadangan energi yang begitu melimpah dimaksimalkan. Energi panas bumi (geothermal) yang menyebar hampir seluruh wilayah nusantara dimanfaatkan dengan membangun pembangkit listrik terbarukan. Dan kemudian masih banyak lagi energi-energi yang berpotensi besar, untuk itulah bangsa butuh generasi muda yang cerdas, berakhlak dan pekerja keras yaitu bersal dari generasi muda yang tangguh.

Indonesia harus bangkit dari keterpurukan, bangkit dan mulai menunjukkan kehebatannya. Namun Indonesia tak bisa bangkit sendiri tanpa adanya generasi muda yang tangguh. Kehebatan bangsa terletak pada ketangguhan generasi mudanya. Generasi muda yang tangguh akan memimpin bangsa Indonesia ke era baru menjadi bangsa yang besar, bangsa yang dihargai, serta bangsa yang hebat.


TAHU

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa