KSM, Makassar, dan Kita

Tim ICOT for KSM
Kita, Insan Cendekia Olympiad Team (ICOT) berangkat menuju ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2014. Siang hari itu, Minggu 24 Agustus, kita berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta.

Di Makassar lah kita akan bertanding di KSM yang ketiga ini. Berbeda memang dari tahun sebelumnya, kita ditandingkan hanya dengan dua MAN Insan Cendekia lainnya yakni MAN Insan Cendekia Gorontalo dan Man Insan Cendekia Jambi. Jadi total ada tiga tim yang ditandingkan, sementara tim yang lain diambil dari perwakilan tiap provinsi. Aku sebagai perwakilan dari MAN Insan Cendekia Serpong bidang Fisika, ada juga bidang lain seperti Matematika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Geografi.

Senin, 25 Agustus 2014. Upacara pembukaan KSM 2014 dimulai, bertempat di Hotel Grand Clarion Makassar. Menampilkan berbagai macam tari dan lagu ciri khas budaya setempat. Masih banyak juga yang lainnya.

Selasa, 26 Agustus 2014. Inilah hari pertama dimulainya kompetisi. Kita ditandingkan dengan mengerjakan dua paket soal teori selama masing-masing satu setengah jam dan dua jam.


Rabu, 27 Agustus 2014. Hari ketiga adalah saatnya eksperimen dan eksplorasi. Dalam eksperimen Fisika, diharuskan untuk mencari indeks bias suatu zat dan mencari serapan intensitas cahaya suatu zat.

Kamis, 28 Agustus 2014. Inilah hari dimana membuat kita dag..dig..dug apalagi selain pengumuman peraih medali, memang sih semua yang ikut di KSM MAN IC dipastikan memperoleh medali dari 3 peserta, hanya saja tergantung mau yang mana emas, perak atau perunggu semua tergantung dari usaha, mental, dan doa.

Acara penutupan baru dilaksanakan malam hari. Setelah sekian lama menunggu dari mulai penampilan seni dan berbagai sambutan akhirnya tibalah pembacaan peraihan medali. Semua tidak bisa diam, hati pun bergejolak. Kita hanya bisa tawakkal dan berharap kepada Allah. Tiba-tiba terdengarlah saat-saat ini “Untuk Fisika MAN IC, Medali Emas diperoleh Ananda Abdurrahman…..dari MAN IC Gorontalo, Medali Perak diperoleh Ananda Miftahul Arifin dari MAN IC Serpong, Medali Perunggu diperoleh Ananda Effendi…dari MAN IC Jambi” Aku tersontak dan kaget, sempat aku pesimis namun aku yakin pilihan Allah pasti yang terbaik. Aku bersyukur atas perolehan ini. Dan akhirnya tim dari MAN IC Serpong memperoleh 1 emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Kimia Emas, perak yaitu Fisika, Matematika, Ekonomi, Geografi sementara Biologi adalah perunggu.


itu aku


Jumat, 29 Agustus 2014. Setelah ‘stres’ dengan soal-soal akhirnya kita jalan-jalan men. Ga jauh sih, kita hanya berfoto-foto ria di Pantai Losari lalu naik bebek dan menyaksikan sunset hingga lenyap. Kemudian kita wisata kuliner, bahkan sehari bisa makan hingga lima kali. Kenyang…kenyang..kenyang.





masjid apung



Wisata Kuliner

konro
mie kering
coto makassar
 










Sabtu, 30 Agustus 2014. Kita balik ke IC, sekitar pukul setengah dua pagi kita sampai. Badan sudah capek apalagi di pesawat kuping sakit banget ga seperti biasanya. Tetapi Alhamdulillah kita masih bisa kembali dengan selamat.

#AlaTahu

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu