Ulasan Buku “The Third Wave – Steven Case” : Menunggangi Gelombang Masa Depan


Steve Case ialah pengubah presepsi internet di mata masyarakat Amerika dari awalnya barang aneh menjadi sebuah kebutuhan yang berkait erat dengan elemen kehidupan manusia. Selama sepuluh tahun semangatnya diuji dengan memperjuangkan AOL (America Online) agar diterima dan akhirnya dalam sekejab malam AOL menjadi idaman di seluruh penjuru Amerika. Dialah Steve Case, seorang inovator sejati dan pengubah masa depan.

Kita sedang menghadapi era baru, yang akan menjungkirbalikkan berbagai industri besar serta menciptakan masa kebangkitan di bidang kewirausahaan : “Gelombang Ketiga” internet. Gelombang pertama terjadi ketika AOL dan perusahaan lain membangun landansan baru di era internet. Kemudian gelombang kedua terjadi ketika Google dan Facebook menciptakan kemampuan mesin pencari dan jejaring sosial, sementara app seperti Instagram menciptakan revolusi smartphone untuk kesuksesan dalam semalam. Sementara menurut Steve Case, gelombang ketiga ialah saat para entrepreuner merevolusi sektor-sektor besar di “dunia nyata” seperti kesehatan, pendidikan, transportasi, energi, dan makanan sehingga mengubah cara kita menjalani hidup. Dengan adanya konektivitas yang merambah ke segala penjuru memungkinkan para entrepreuner mengubah berbagai sektor besar di dunia nyata.

Perubahan zaman begitu cepat hingga kini internet telah menjadi “Internet of Everything” yakni segalanya terkoneksi dengan internet. “Internet of Everything” akan berdampak di setiap aspek kehidupan dengan berbagai cara semakin mudah. Layanan finansial sedang dirombak dengan cara-cara yang tiada pernah terbayang sebelumnya dengan bermunculan platform peminjaman dan investasi di luar sistem perbankan tradisional. Moda transportasi sedang dibayangkan mulai mewujudkan mobil otomatis dan Hyperloop dari dunia fiksi ilmiah ke dunia nyata. Segalanya mulai dari energi hingga transportasi, pertanian hingga industri mulai berubah. Era gelombang ketiga akan ada banyak inovasi bermunculan di segala sektor, menyentuh setiap aspek kehidupan kita.

Gelombang ketiga menuntut kita memecahkan masalah dengan cara-cara yang baru. Mudahnya akses informasi tak menghiraukan bahwa seorang perawat rumah sakit pun bisa berinovasi terhadap pemecahan masalah di dunia kesehatan dengan bantuan teknologi. Di gelombang ketiga inilah siapa yang lebih cepat melihat masalah kemudian berkolaborasi dan menemukan sebuah solusi dia lah sang inovatornya.

Salah satu ciri gelombang ketiga adalah kemitraan akan menjadi hal yang sangat penting. Jadi jangan hanya bermain bertahan tapi menyeranglah. Jangan hanya menangkis tapi pukul juga. Tapi jangan sendirian. Seperti kata Hellen Keller, “Dengan sendirian kita hanya bisa berbuat sedikit. Dengan bersama-sama kita bisa berbuat banyak”.

Berakhirnya zaman batu bukan karena kita kehabisan batu tapi karena kita menemukan hal yang lebih baik. Seperti memasuki era gelombang ketiga ini, perubahan-perubahan yang terjadi semakin memudahkan manusia dari segi keakuratan, kecepatan, dan waktu. Kesempatan di era gelombang ketiga jangan sampai kita lewatkan. Jika kita mengambil langkah yang tepat dan melakukannya dengan cepat, maka masa depan yang cerah akan menjadi kepastian. Jika gagal, maka kita tidak akan lagi menjadi sumber inovasi radikal bagi dunia. Ketika melewatkan begitu saja justru kita yang akan mengejar, sibuk meniru ciptaan negara lain daripada memperkenalkan gagasan baru kemudian ditiru negara lain.

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu