Melangkah 12 - Believe Big and Grow Big


Kesuksesan bermakna sangat luas mulai dari mencapai hasil dari tantangan pribadi, memberikan sesuatu yang positif dan bermanfaat, atau bisa juga ingin memperoleh kebahagian baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Kesuksesan ialah buah hasil dari segala hal yang telah kita upayakan. Namun, semua upaya untuk menuju kesuksesan selalu dimulai dari keyakinan.

Tidak semua orang yakin bahwa mereka dapat memindahkan gunung, alhasil tidak banyak orang mau melakukannya. Namun bagi sebagian orang yang memiliki keyakinan tersebut, mereka akan memikirkan berbagai cara untuk mewujudkannya. Sama halnya berabad-abad lalu, banyak orang tidak percaya bahwa manusia mampu menjejakan kakinya di bulan. Akan tetapi, sebagian kecil orang percaya kemudian pada tahun 1969 manusia pertama telah berhasil melangkahkan kaki di bulan.

Kekuatan dari keyakinan membuat diri kita bekerja untuk memikirkan bagaimana caranya. Misalnya seseorang yang yakin bahwa dirinya bisa menjadi eksekutif sebuah perusahaan, maka ia akan mulai untuk belajar serta memberikan kontribusi yang terbaik, sehingga ia dapat secara layak menjadi yang ia yakini. Semua proses tersebut selalu dimulai dari keyakinan, dari sanalah tumbuh alasan kita dalam mengupayakan segala sesuatu serta langkah-langkah untuk menuju kesana.

Keyakinan adalah kekuatan yang besar sehingga melahirkan banyak sesuatu yang luar biasa dari mulai buku-buku yang hebat sepanjang masa, penemuan sains dan teknologi, hingga kemakmuran negara. Keyakinan akan kesuksesan juga menjadi sebuah alasan dibalik kesuksesan organisasi, bisnis, politik, maupun keluarga. Semuanya dimulai dari keyakinan dan meninggalkan keraguan.

Kita sepatutnya meninggalkan keraguan dalam hal kesuksesan yang ingin kita tuju. Keraguan ialah kekuatan negatif. Ketika kita merasa ragu, maka pikiran kita akan mencari segala alasan untuk mendukung keraguan tersebut. Keraguan hanya akan menghambat kita dalam mencapai tujuan entah itu semakin menunda-nunda pekerjaan ataupun tidak maksimal memberikan hasil yang terbaik.

Sementara keyakinan seperti sebuah timbangan, ketika kita sedikit yakin maka sedikit yang didapatkan. Namun ketika besar keyakinan kita, maka banyak hal yang akan kita dapatkan. Keyakinan yang besar akan membuat kita selalu berusaha dan belajar dari kegagalan, memang bila kita yakin belum menjamin kesuksesan tetapi perlu proses berliku yang harus dijalani. Dengan keyakinan besar akan memupus keraguan kita bila kegagalan terjadi. Keyakinan kita akan berkata bahwa kegagalan juga merupakan proses yang perlu dijalani, sehingga kita akan belajar dan berkembang lalu mencapai diri kita yang lebih baik.

Seseorang ialah hasil produk dari pikirannya sendiri, lingkungan juga mempengaruhi namun lingkungan juga akan membentuk pikirannya. Salah satunya yang membuat kita terus bertumbuh adalah keyakinan besar pada diri kita sendiri. Betapa banyak orang yang hilang arah karena keraguan yang terus menghantui. Yakin pada diri kita sendiri bahwa kita mampu adalah aset terbesar kita untuk selalu berusaha dan memberikan yang terbaik baik untuk kita maupun sesama.

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa