Kuliah: Proses Kegagalan - Day 5


Bukan soal rutinitas belaka dan juga bukan soal IPK. Namun jenjang kuliah adalah dimana bisa mengeksplor dirimu seluas-luasnya. Belajar di kelas bukan satu-satunya cara mengusai ilmu namun masih banyak sumber ilmu yang bisa digali.

Kuliah adalah masa kemerdekaan bagi dirimu. Engkau bebas melukis jalan hidupmu dengan berbagai sumber tinta. Kebebasan inilah yang membuat dirimu unik karena engkau bisa fokus pada apa yang kamu inginkan.

Kebebasan dalam memilih jalan hidupmu. Kehidupan kuliah bagai wahana-wahana bermain dimana engkau bisa mencoba berbagai wahana. Wahana yang sedikit menggambarkan realita kecil.

“Realita kecil” begitulah penggambaran dunia kuliah. Hanya sebagian realita kecil yang akan menantang dirimu. Ada banyak wawasan baru dari sana jika berhasil diungkap. Kehidupan kuliah adalah soal proses. Setiap proses bisa jadi mengalami sesuatu yang tidak nyaman. Namun dimana ada ketidaknyamanan itu adalah proses.

Kehidupan kuliah adalah proses kegagalan dimana mencoba dan selalu mencoba. Representasi dunia nyata kecil namun kegagalanmu disini tak berarti banyak. Teruslah gagal sebelum gagal di dunia paska kuliah. Habiskanlah jatah kegagalanmu sebelum kegagalan nanti menghabisimu.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Day5

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa