Melangkah 8 - Keep Learning and Growing


Setiap hari kita perlu merefleksikan tentang pembelajaran baru yang telah kita dapat. Selain itu, kita juga perlu terus bertumbuh melalui pengalaman dan keterampilan yang dikembangkan setiap saat. Kita harus terus belajar dan bertumbuh untuk menjadi diri kita yang lebih baik dari sebelumnya. Alangkah meruginya bila diri kita hari ini tidak lebih baik dari hari kemarin.

Belajar memang tak selalu harus membaca atau di kelas, namun belajar juga bisa melalui observasi, diskusi, berjejaring, dan sebagainya. Yang terpenting adalah bagaimana kita mendapat pembelajaran baru setiap hari dimanapun dan kapanpun. Bagai sebuah pisau, bila kemampuan otak terus diasah dengan pembelajaran, maka pikiran akan semakin tajam.

Teruslah belajar pada hal-hal yang baru di sekitar kita. Kita perlu mengambil inisiatif dalam setiap peluang yang dapat meningkatkan kapasitas diri kita. Belajar dari pengalaman menurut saya adalah salah satu metode yang terbaik dalam meningkatkan kapasitas diri. Melalui belajar dari pengalaman kita menambah ilmu baru sekaligus mengaplikasikan ilmu tersebut dalam konteks yang nyata dalam kehidupan. Misalnya bila ada sebuah kesempatan yang mendorong diri kita untuk tampil berdialog di depan publik, maka ambillah kesempatan itu dan jadikan sebagai media pembelajaran. Melalui kesempatan ini, kita menjadi tertantang untuk mempelajari bagaimana berkomunikasi di depan publik serta mendapatkan pengalaman yang membuat diri kita lebih baik selanjutnya. Menjadi pembelajar juga harus lihai dalam melihat peluang untuk bertumbuh.

Teruslah bertumbuh pada hal-hal yang dapat membuat diri kita menjadi lebih baik. Belajar bukan hanya soal memperoleh hal-hal yang baru, namun juga bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan kita. Buku yang kita baca tidak terhenti pada wawasan kita, tapi juga mengalir pada pembentukan aktivitas kita yang lebih baik dari sebelumnya. Pembelajaran yang terbaik adalah yang sesuai dengan konteks kita saat ini. Misalnya seorang karyawan yang baru bekerja memerlukan adaptasi dengan lingkungan barunya, maka pembelajaran yang perlu ia gali ialah tentang bagaimana berinteraksi serta berkontribusi pada lingkungannya. Dengan mempelajari pembelajaran baru sesuai dengan konteks yang kita alami, kita akan mudah mengaplikasikan hal tersebut dalam keseharian kita.

Satu hal yang juga terpenting adalah kita harus konsisten pada komitmen pembelajaran atau tujuan kita. Mempelajari dan mengaplikasikan sesuatu sedikit demi sedikit namun konsisten tentu lebih baik daripada banyak tapi tidak konsisten. Bukanlah soal cepat atau lambat, tetapi tentang konsistensi. Semua orang memiliki kecepatan pembelajaran yang berbeda-beda, namun hanya sedikit orang yang bisa konsisten dalam belajar.

Kita perlu memprioritaskan waktu dimana kita perlu belajar serta merefleksikan apa yang telah kita pelajari setiap harinya. Misalnya ambilah waktu sebelum tidur untuk merefleksikan apa yang telah kita pelajari dan ingin kita tingkatkan dalam kapasitas diri, lalu buatlah target pembelajaran di kemudian hari.

Kita perlu menantang diri kita untuk belajar dan bertumbuh serta menjadi lebih baik setiap saat untuk memberi kebermanfaatan seluas-luasnya.

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu