Melangkah 9 - Master Your Time


Setiap dari kita memiliki waktu yang sama, dalam sehari dua puluh empat jam. Perbedaan antara orang-orang sukses dengan tidak sukses adalah pemanfaatan waktu yang efektif dan efisien walaupun dengan potensi yang lebih sedikit. Cara berpikir kita tentang pemanfaatan waktu, menentukan kualitas dan dampak pada kehidupan kita. Setiap orang memiliki kesempatan dan waktu yang sama, namun pemanfaatan waktunya lah yang membedakan mereka.

Kunci dalam pemanfaatan waktu adalah tentang manajemen hidup serta manajemen diri. Pemanfaatan waktu yang efektif dan efisien perlu diiringi dengan manajemen diri yang baik seperti mengelola fokus, prioritas, serta tujuan. Kita akan sulit mengatur waktu dengan membagi pekerjaan ke dalam waktu. Begitu salah satu pekerjaan tidak berjalan dengan baik, maka akan kacau semua jadwal yang telah direncanakan.

Kebanyakan orang hidup dalam mode reaktif-responsif yakni ketika segala sesuatu terjadi di sekitar, mereka bereaksi dan merespon secara otomatis tanpa mempertimbangkan. Kunci untuk mengendalikan penuh atas waktu kita adalah harus berhenti sejenak dan berpikir sebelum bereaksi serta merespon. Kita harus mengenali jenis-jenis waktu serta perilaku yang dituntut dalam setiap momen. Kemudian selama kita bisa merespon secara efektif terhadap segala sesuatu di sekitar, kita akan bertumbuh semakin cerdas dan bergerak dalam menumbuhkan potensi diri melalui pemanfaatan waktu yang baik.

Hal yang pertama dan terpenting dalam pemanfaatan waktu ialah waktu untuk perencanaan strategis dan penetapan tujuan. Kita perlu meluangkan sebagian waktu sebelum memulai bekerja dengan memikirkan tujuan. Pekerjaan tanpa tujuan bagai kapal yang berlayar tanpa arah. Kita semua perlu tujuan untuk mengukur seberapa jauh jarak yang telah ditempuh dan seberapa besar usaha yang telah diberikan. Kita perlu benar-benar berorientasi pada tujuan dengan menetapkan, membuat rencana, serta mengatur hidup. Perbedaan besar antara orang-orang kaya dan miskin adalah 85 persen dari orang-orang kaya memiliki tujuan besar yang mereka upayakan sepanjang waktu. Sementara hanya 3 persen yang memiliki tujuan besar, dan hanya sesekali mengupayakannya.

Selanjutnya adalah waktu produktif, ialah dimana kita membutuhkan tingkat mental, fisik, disiplin, fokus, dan kebulatan tekad untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan baik.  Produktivitas yang baik dapat dicapai ketika kita telah merencanakan, mengatur, menetapkan prioritas-prioritas, serta berkonsentrasi dalam pemanfaatan waktu. Kunci dalam pemanfaatan waktu yang produktif adalah fokus pada tujuan yang ingin dicapai dalam pekerjaan kita, serta meminimalisir distraksi yang menghambat dalam mencapai tujuan dengan menetapkan prioritas-prioritas yang mendukung. Pemanfaatan waktu bukanlah tentang seberapa besar waktu yang terpakai, namun seberapa besar hasil yang dapat dicapai.

Terakhir waktu luang adalah produk sampingan dalam pemanfaatan waktu lainnya. Pemanfaatan waktu luang secara baik bisa membuat diri kita menjadi lebih bernilai. Waktu luang adalah dimana kita telah menyelesaikan prioritas-prioritas pekerjaan untuk mencapai tujuan. Orang-orang yang masuk dalam 20 persen kelompok terbaik ialah yang dapat memanfaatkan waktu luang dengan sangat baik. Mereka terus belajar dan bertumbuh dalam karir mereka. Ketika kita terus menerus menginvestasikan waktu luang dengan mempelajari gagasan baru dan mengembangkan keahlian baru, maka kita dapat melipatgandakan hasil lebih baik  daripada orang-orang di sekitar kita.

Pemanfaatan waktu ialah tentang manajemen diri sendiri. Kita dapat mencapai hasil yang luar biasa dengan mengenali jenis waktu serta tindakan yang tepat, tetap fokus, dan disiplin dalam mencapai tujuan.

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu