Bertabayyun - Day 10

Akses informasi di era informasi bagai menciduk air dalam danau yang luas. Kemajuan teknologi menjadikanya bebas diakses oleh siapapun. Semakin banyak air yang tertampung semakin banyak juga yang diperoleh. Danau bagaikan informasi yang tersebar luas kemudian untuk mengaksesnya perlu teknologi.

Air danau dapat dimanfaatkan untuk berlangsungnya kehidupan. Namun danau tak sekadar air ada juga kerikil, batuan, dan pengotor. Sekali menciduk bisa jadi tak hanya air yang didapat. Air yang bersih perlu dipisahkan dari pengotornya. Sebuah filter lah yang akan menyaring air menjadi bersih.

Akan hal itu perlu sebuah filter informasi dalam diri. Teliti sebelum menyakini kemudian berpikir sebelum bertindak. Kebebasan informasi tak bisa menjamin bahwa semuanya baik dan layak dikonsumsi. Oleh karena itu, setiap pribadi harus memasang filter tersebut.

Salah satu bentuk filter tersebut adalah tabayyun, mengklarifikasi sebuah informasi. Bila ada keraguan dalam informasi, cara tabayyun dapat dilakukan dengan mengakses informasi yang serupa dari berbagai pandangan. Sebuah informasi dapat menjadi berbeda dari sudut pandang yang berbeda pula. Bertabayyunlah agar tak menimbulkan kesalahpahaman.

#BerkahRamadhan1437H
#Day10
Rabu, 15 Juni 2016


Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu