Melangkah 3 - Search For Meaning


Bila kita berkunjung ke perpustakaan ataupun toko buku, maka banyak sekali buku-buku yang mengulas cerita, pengalaman, serta resep kesuksesan banyak orang. Sampai-sampai mungkin kita bingung jalan mana yang mesti kita lalui. Ada yang mengatakan resep kesuksesan adalah ketika dapat membangun hubungan baik dengan lingkungan sekitar, namun ada juga yang mengatakan bahwa kesuksesan adalah membangkitkan raksasa tidur dalam diri kita. Ya, semuanya benar dan tidak ada yang salah. Semua resep kesuksesan diceritakan berdasarkan pengalaman orang-orang yang telah melalui jurang yang dalam dan banyak sekali kegagalan.

Kita sebenarnya tidak perlu jauh-jauh mencari kunci kesuksesan karena itu ada dalam diri kita sendiri. Ya setiap orang akan berbeda kuncinya karena masing-masing diri kita yang unik. Namun dalam menemukan kunci tersebut, kita harus melalui berbagai jalan yang membuat diri kita jatuh bangun. Dalam setiap perjalanan itu tersimpan berbagai rangkaian teka-teki yang bila kita menyadarinya akan membawa kita ke jalan kesuksesan. Di setiap perjalanan itu kita menghadapi rintangan seperti kegagalan, kekecewaan, ketakutan, kesedihan, dan sebagainya. Akan tetapi semua itu adalah sebuah proses untuk menempa diri kita menjadi lebih baik. Seperti layaknya logam, untuk mendapatkan kualitas logam yang bagus harus dipanaskan hingga suhu tertentu dan ditempa. Seperti itu lah diri kita, dimana setiap kegagalan, kesedihan, dan penderitaan ialah proses untuk menjadikan diri kita lebih baik.

Alasan kita hidup pada akhirnya bukanlah pada kesuksesan ataupun kebahagiaan, akan tetapi tentang pencarian makna hidup. Orang sukses pun belum tentu akan merasa bahagia, begitupun orang bahagia belum tentu sukses. Tidak sedikit kita melihat orang yang berlimpah harta, namun hidupnya tidak tenang serta berujung pada ketidakbahagiaan.

Sejak kecil kita sering bermimpi menjadi sesuatu, lalu kita mengejarnya, ada yang berhasil mewujudkannya namun tidak sedikit yang gagal. Kita terdorong melakukan sesuatu karena alasan kita ingin menjadi yang kita impikan. Begitulah kita hidup, adalah pencarian makna serta penemuan makna hidup yang membuat kita merasa sukses dan bahagia.

Pada akhirnya kesuksesan dan kebahagiaan adalah sesuatu yang abstrak, yang bahkan kita sendiri tidak mengerti namun tiba-tiba terjadi. Kesuksesan dan kebahagiaan akan sulit dikejar, karena tidak mudah mendefinisikannya. Akan tetapi ada hal besar yang semestinya kita kejar yaitu penemuan makna hidup kita.

Kita terlahir dengan potensi besar yang masing-masing dari kita unik, seolah setiap kita membawa misi tertentu. Kita terlahir juga telah memiliki tanggungjawab sebagai pemimpin yang disematkan dalam pundak kita. Dan kita juga telah dibekali akal dan hati yang istimewa, tidak semua makhluk hidup yang lain memiliki. Oleh karena itu, setiap diri kita memiliki jalan masing-masing yang harus kita tempuh dan jalani, serta menjadi versi terbaik dari diri kita untuk memberikan manfaat bagi semesta alam.

Hanya diri kita yang tahu dan yang bisa menemukan makna hidup kita, namun makna hidup kita tak terlepas dari Sang Pencipta yang menciptakan untuk apa kita hidup.

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu