Melangkah 4 - Start Small


Setiap pencapaian yang besar selalu dimulai dari hal yang kecil. Setiap perjalanan yang jauh selalu diawali dari langkah yang sederhana. Tidak ada kesuksesan besar yang terjadi secara tiba-tiba, kita perlu menjalani setiap prosesnya sedikit demi sedikit. Ada sebuah teori mengatakan bahwa kita perlu menghabiskan waktu 10.000 jam untuk bisa menguasai suatu bidang atau keahlian tertentu. Sepertinya tampak sangat berat, namun bisa juga tampak sangat ringan bila kita memulai dari sesuatu yang kecil.

Bila kita ingin menguasai suatu keahlian tertentu, mulai dari hal yang sederhana dulu dan lakukan secara konsisten. Misalnya ada seseorang ingin menjadi penulis yang dapat melahirkan karya-karya hebat, maka ia bisa memulai dari hal yang paling kecil seperti menulis setiap pekannya.

Dengan melakukan hal yang paling sederhana, kita akan cepat menuai hasil serta kegagalan. Namun bukan berarti kegagalan tersebut akan menjadi penghalang bagi kita, justru dengan semakin cepat gagal kita bisa semakin cepat belajar tentang bagaimana menguasai suatu keahlian dengan lebih baik. Ada dua hal yang bisa diperoleh ketika belajar dari kegagalan, yakni yang pertama mengetahui serta dapat mengantisipasi dari penyebab kegagalan. Ketika kita mendapatkan kegagalan, anggaplah itu bagian dari proses, sehingga kita bisa belajar dari setiap kegagalan dan memantapkan diri untuk menjalani seluruh prosesnya. Kemudian yang kedua ialah belajar mengatur strategi serta memperoleh alternatif solusi. Setiap kegagalan mengajari kita bahwa cara yang kita tempuh saat ini belum tepat, lalu dengan mengetahui penyebab kegagalannya kita dapat menyusun strategi ulang, kemudian ketika gagal maka menyusun lagi hingga mendapatkan strategi terbaik.

Mulai dari hal yang kecil agar gagal lebih cepat. Yang terpenting adalah ketika mendapati kegagalan, kita sebaiknya tidak merasa gagal tapi menganggap semua itu adalah proses. Yakni proses yang membuat diri kita menjadi lebih baik. 

Setiap hal kecil sangatlah berarti dan bila kita dapat melakukan hal kecil setiap harinya, secara tak sadar hal-hal kecil itu telah menjadi sesuatu yang besar. Bila kita memiliki visi atau mimpi besar, maka lakukanlah dengan hal kecil dengan membangun habit atau kebiasaan yang dapat membangun visi tersebut dari balok-balok yang kecil. Pada akhirnya goal atau tujuan yang kita telah buat akan menjadi sia-sia, tanpa kita memulai membangunnya dengan hal-hal yang kecil. Seperti contoh sebelumnya ketika seseorang ingin menjadi penulis hebat, maka ciptakanlah lingkungan serta habit yang mendukung untuk menjadi penulis hebat misalnya membiasakan menulis setiap hari, mempelajari karya-karya hebat setiap pekan, ataupun menjalin komunitas serta jaringan kepenulisan dengan orang-orang hebat.

Kita semua bisa mewujudkan mimpi yang hebat serta memberikan manfaat sebesar-besarnya. Yang perlu kita mulai adalah melakukan hal yang kecil, terus belajar dari kegagalan, dan menjalani setiap prosesnya. Tidak ada karya yang hebat sebelum ada ribuan coretan tangan yang dibuang, dan tidak ada manfaat yang besar sebelum ada pengorbanan setiap jerih payah yang ada.

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu