Di Balik Kegagalan Ada Jalan - Day 23


Jika dihitung-hitung bisa jadi kegagalan yang pernah saya alami jauh lebih banyak dibandingkan kesuksesan. Namun kegagalan itu justru menjadi sebuah cerita menarik yang tak terlupakan. Barangkali juga akan menjadi cerita lucu untuk anak cucuku kelak.

Sewaktu SD dulu, mendapat nilai enam sepertinya sudah biasa bahkan saya ragu bisa naik kelas namun pada akhirnya di akhir kelulusan saya masuk sepuluh besar lulusan terbaik sekolah. Kemudian ketika SMP, saya mengikuti banyak lomba sekitar sepuluh kali namun semuanya gagal, mendekati berhasil pun tidak. Meskipun pada akhirnya saya bisa menjadi lulusan terbaik sekolah di kala itu. Selanjutnya di masa SMA, saya masih mengalami kegagalan dalam berbagai lomba dan juga sering kali remedi dalam berbagai pelajaran. Namun pada akhirnya, tiga dari tujuh lomba yang saya ikuti berhasil menyabet juara dan juga kesempatan khusus masuk perguruan tinggi favorit lewat jalur undangan.

Masa kuliah pun berbagai kegagalan bertubi-tubi saya terima. Pertama dalam kegagalan pengajuan beasiswa-beasiswa. Kemudian kegagalan berorganisasi terutama kepanitian. Namun pada akhirnya, rasa syukur yang paling nikmat selalu datang ketika jatuh di bawah. Tiga dari enam beasiswa pun berhasil diterima serta hal-hal lain yang sebenarnya datang tak diduga.

Seorang pengrajin kaca selalu memanaskan api dengan suhu yang sangat tinggi untuk melebur serpihan kacanya. Semakin tinggi maka semakin cantik hasilnya. Begitu juga kegagalan, ia adalah proses mematangkan setiap orang menjadi lebih hebat.

Kegagalan bagi saya bukanlah akhir dari segalanya namun sebuah titik terang menuju kesuksesan. Saya bersyukur masih bisa merasakan kegagalan kerena itu saya tersadar akan ada jalan yang lebih baik. Sikap yang perlu ditanamkan adalah menghargai kegagalan.

Next part 2 >> Menghargai Kegagalan
#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Day23

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa