Motif Pendidikan - Day 27


Salah satu indikator kemajuan suatu bangsa dapat dilihat melalui sektor pendidikan. Tak hanya dari segi kuantitias yang terdidik namun juga memperhatikan kualitas dari orang-orang yang terdidik. Pada sistem pendidikan saat ini telah dibuat berjenjang mulai dari tingkat dasar, menengah, atas, dan perguruan tinggi.

Uniknya fenomena pendidikan saat ini sangatlah beragam. Ada dua pendekatan paradigma yang cocok untuk menilik pendidikan saat ini, yaitu pendekatan utilitarian dan pendekatan transformasi. Pendekatan utilitarian berfokus kemaslahatan terletak pada mayoritas sehingga akan selalu mencari jalan yang banyak orang mengikutinya. Sementara pendekatan transformasi cenderung memandang kearifan lokal menjadi modal utama. Bukan yang menang atau kalah, namun mencari jalan tengah dan solusi di tengah-tengah masyarakat.

Kedatangan revolusi industri pada era 1750-1850 masehi telah mengubah secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, teknologi serta dampak pada kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya. Revolusi industri telah mengubah tenaga kerja yang semula hewan dan manusia menjadi mesin berbasis manufaktur. Semakin berjalannya waktu pertumbuhan industri semakin berkembang pesat apalagi dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Oleh karena itu, pendidikan menjadi salah satu cara utama mendidik tenaga kerja profesional yang paham pengetahuan dan teknologi.

Dalam pendekatan utilitarian, revolusi industri menjadi sebuah titik balik untuk meningkatkan produksi dan keuntungan sebesar-besarnya. Upah tenaga kerja dapat diminimalisir dengan adanya mesin manufaktur. Sementara dalam pendekatan transformasi, revolusi industri telah memangkas jumlah tenaga kerja manusia. Oleh karena itu, Sumber Daya Manusia yang ada perlu dididik kemudian dialokasikan ke sektor yang masih terbuka lebar sehingga tidak ada lagi penggangguran.

Pedekatan paradigma di atas hanyalah sebuah contoh bahwasanya ada beragam motif dalam dunia pendidikan. Ada yang mengejar pendidikan untuk kehidupan yang lebih layak serta ada juga mengejar pendidikan sebagai alat untuk mengubah masyarakat lebih baik lagi.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Day27

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa