Monopoli Kemajuan - Day 12


Monopoli dalam dunia bisnis tak selamanya memiliki sudut pandang negatif. Tantangan di masa depan dihadapkan pada dua paradigma berkemajuan yaitu paradigma horizontal dan vertikal. Kemajuan horizontal layaknya berpindah dari satu ke n, dimana meniru hal-hal yang sudah ada kemudian menambahkan nilai yang berbeda. Sementara itu kemajuan vertikal yakni kemajuan yang berangkat dari awalnya tiada menjadi ada atau dengan kata lain menemukan hal-hal baru.

Bila diperhatikan, persaingan bisnis sekarang ini cukup ketat. Sebagai contoh bila memulai sebuah bisnis dengan menjual sabun batangan tentu sudah banyak sekali pesaingnya. Kemudian jika sabun batangan tersebut diberi nilai tambah semisal sabun batangan yang ramah lingkungan tentu juga masih harus bersaing dengan jenis-jenis sabun yang lain. Hal inilah disebut dengan kemajuan horizontal yaitu hanya melakukan penambahan nilai.

Namun bila memulai bisnis dari hal-hal yang baru dan jarang ada semisal mobil terbang justru tidak terpengaruh pada faktor persaingan. Bisnis tersebut justru memiliki tantangan lain yaitu tentang bagaimana mempertahankan eksistensi bisnisnya dan mendapatkan pasarnya. Dalam buku Zero to One, prinsip utama dalam bisnis start up adalah bagaimana bisa bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai sesuatu, tetapi juga harus mempertahankannya sehingga benar-benar bisa mengerjakannya.

Untuk itu menghindari persaingan lebih baik daripada harus melawan arusnya. Bagai sebuah potong kue, bila bisnis tersebut banyak pesaingnya maka kue tersebut harus dibagi-bagi sementara bila bisnis bisa memonopoli pasar maka kue itu akan dinikmati sendiri. Oleh karena itu monopoli bisnis dimulai dari menemukan hal-hal yang baru kemudian menguasai pasar mulai dari yang terkecil.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara

#Day12

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu