Jalan Dakwah Kepeloporan - Day 6


Daun yang jatuh dari pohon akan melayang-layang mengikuti angin sebelum terhempas ke tanah.  Angin membawa perjalanan daun ke tempat yang tak diduga. Namun daun harus berjuang mengikuti angin yang menerpanya. Daun yang jatuh serta angin yang membimbingnya.

“Menantang diri”, itulah yang dilakukan daun. Berani meninggalkan zona nyamannya lalu terbang pergi menuju ke tempat barunya. Ia mesti berjuang hingga tunas baru muncul di sela-sela tepi tubuhnya. Hingga suatu saat daun tumbuh menjadi bibit muda lalu menjadi pohon besar.

Adakalanya manusia terlalu nyaman hingga lupa akan makna dirinya. Nyaman dengan statusnya, hartanya, dunianya hingga lupa menyebar kebaikan dan kebermanfaatan. Namun berjuang adalah pilihan yang tak mudah, mengharuskan dirinya keluar dari kenyamanan. Tentu selalu ada terpaan dan godaan menyelimuti. Tapi tenang, itu hanyalah sebuah proses. Proses yang akan membentuk diri lebih matang.

Daun itu harus berjuang dengan dirinya dulu. Ia mesti beradaptasi dengan nutrisi yang tak lagi disuplai namun ia mesti memproduksinya sendiri. Sebuah daun yang berharap akan menjadi sebuah pohon besar kemudian menaungi kehidupan makhluk lainnya.

Namun perjalanan manusia untuk berjuang menyebar kebaikan tentu tak mudah. Berjuang untuk menyebar kebaikan berati juga berjuang dengan dirinya dulu. Cukup dengan dirinya sebelum mencukupkan orang lain. Berjuang dengan dirinya sebelum berjuang untuk orang lain. Hingga kelak perjuangan telah terpatri dalam hatinya.

Ia adalah sang pelopor yang telah memantaskan dirinya sebelum berjuang untuk menyebar kebaikan. Mencontohkan dirinya terlebih dulu sebelum menginspirasi bagi yang lain. Jalan yang berat dan tak semua orang berani memilih. Jalan Dakwah Kepeloporan menanamkan makna ke dalam diri sebelum menanamkan kepada yang lain.

Seperti Rasulullah SAW, sang suri tauladan bagi seluruh umat manusia yang menunjukkan ke jalan kebaikan. Sang pelopor dengan banyak jalan tak mudah telah beliau lewati. Sang pelopor yang menjadi model hingga kini.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Day6

Komentar

Popular Posts

Ulasan Buku “Smarter Faster Better – Charles Duhigg” : Delapan Rahasia untuk Mendorong Produktivitas dalam Bekerja

Ulasan Buku “Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager – M. Syafii Antonio “ : Sang Suri Tauladan Sepanjang Masa

Ulasan Buku “Master Your Time Master Your Life” : Strategi Jitu Mengatur Waktu